Kartu Pekerja Dirasakan Manfaatnya

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk ikut andil dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja dengan memberikan sejumlah fasilitas melalui Kartu Pekerja betul-betul dirasakan manfaatnya. 

Para penerima Kartu Pekerja dapat menggunakan bus Transjakarta secara gratis, mendapatkan subsidi pembelian bahan pangan, serta anak-anaknya yang masih bersekolah berhak mendapatkan dana bantuan pendidikan Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus.

Salah seorang penerima Kartu Pekerja Jakarta, Irwan Utomo menuturkan, dirinya merasa sangat terbantu dengan adanya program nyata dari Pemprov DKI untuk membantu meningkatkan kesejahteraan pekerja tersebut. 

"Kartu Pekerja sangat membantu kami yang masih berpenghasilan sesuai UMP (Upah Minimum Provinsi -red). Ini sangat bermanfaat, terlebih keluarga saya juga bisa mendapatkan bahan pangan bergizi dengan harga lebih murah rata-rata sekitar 50 persen dari harga pasaran," ujar Irwan yang bekerja di PT The First National Glassware, Kamis (29/11). 

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, pihaknya telah menerima data sebanyak 2.288 orang dari 81 perusahaan untuk diverifikasi agar bisa memperoleh Kartu Pekerja. 

"Dari usulan tersebut, saat ini sudah 1.096 pekerja dinyatakan lolos, sementara 1.192 lainnya masih dalam proses verifikasi," terangnya. 

Andri menambahkan, pada tahap pertama sudah diserahkan sebanyak 173 Kartu Pekerja dan di tahap kedua 160 Kartu Pekerja. 

"Secara bertahap kita akan terus distribusikan Kartu Pekerja kepada yang berhak. Kita bersyukur, kebijakan itu mendapatkan sambutan antusias," tandasnya.(p/ab)